8 Cara Mengatasi Andromax Mifi Tidak Konek Internet (Semua Tipe)

Inilah penyebab, kenapa dan Cara Mengatasi Andromax Mifi Tidak Konek Internet (Semua Tipe). Simak selengkapnya di Winrasio.com

Cara Mudah Mengatasi Andromax MiFi Tidak Konek Ke Internet. Andromax MIFI merupakan produk yang diluncurkan oleh Smartfren. Modem Mifi ini hadir dengan berbagai jenis tipe yang berbeda-beda yakni seri mifi m2y dan m2z dan mifi m3y dan m3z. Semua mifi andromax sudah menggunakan teknologi jaringan 4G LTE yang membuatnya koneksi internet anda semakin kencang saat berselancar dan melakukan aktifitas uploading, downloading, streaming di dunia internet.

Pengalaman Kami menggunakan mifi adalah cukup menyenangkan belum ada masalah hingga sekarang, kebetulan disini Kami menggunakan 2 jenis mifi yang berbeda mifi m3z milik Kami dan mifi m2y milik saudari. 

Sebenarnya tidak ada letak perbedaan di kedua jenis ini jika di disangkutkan didalam masalah hal kecepatan hanya saja bentuk dan kualitas baterai disini agak membedakan baterai pada m3z lebih tahan lama. 

Terlepas dari hal itu, Kami juga pernah menemukan sebuah masalah mengenai andromax mifi my2 tidak bisa connect (konek) internet, lantas kemudian bagaimana Kami mengatasi masalah seperti ini? Simak penyebab dan cara memperbaiki mifi m2y, m2z, m3y dan m3z tidak bisa konek interenet berikut ini.

Cara Mengatasi Andromax Mifi Tidak Konek Internet

Penyebab Andromax Mifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Konek ke Internet

Sebelum kita lanjutkan kesolusi kenapa andromax mifi tidak bisa konek dan bagaimana cara memperbaiki andromax m3z dan seri lainnya yang tidak bisa mengakses internet. Ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. 

Beberapa penyebab umum yang sering terjadi adalah karena lokasi Anda terhalangi oleh bangunan sehingga andromax m3y tidak ada sinyal. Disisi lain, faktor teknis pun sangat berpengaruh misalnya sedang Ada peningkatan jaringan atau kecepatan diwilayah Anda yang membuat andromax m3y tidak bisa konek dan membuat andromax m3z sinyal merah terus.

Taukah anda jika andromax mifi m3z tidak ada sinyal maka lampu indikator pada mifi akan memunculkan indikator lampu merah.

Cara Mengatasi Andromax Tidak Bisa Konek ke Internet

Modem Andromax mifi Anda bisa terhubung dengan perangkat lain seperti smartphone Android, iPhone, laptop mupun pc tetapi saat mencoba mengakses internet tampilan layar selalu loading atau tida bergerak sama sekali. Maka inilah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada Andromax mifi m3y, m3z, mifi m2y dan m2z tersbut.

1. Pastikan Dapat Jangkauan Sinyal

Pastikan Dapat Jangkauan Sinyal

Menurut pengalaman Kami, sinyal smartfren memang belum mempunyai akses luas layaknya Telkomsel.

Walaupun smartfren juga bersaing ketat dengan telkomsel, namun Kami masih suka bingung kenapa smartfren di wilayah Kami sering mengalami tidak ada sinyal.

Setelah Kami hubungi ke pelayanan pelanggan pada fanspage facebook smartfren. Dan setelah ditelusuri oleh tim teknisnya, ternyata tidak ada satu pun yang mengindikasi pelemahan sinyal di wilayah Kami. Padahal rumah Kami dekat dengan tower internet.

Nah supaya sinyal modem smartfren tidak hilang, saran Kami coba cari jangkauan sinyal internet milik smartfren.

Biasanya sinyal smartfren akan berada di tengah kota. Kerana rumah Kami memang agak ke desa namun jarak dengan kota juga tidak jauh – jauh amat. Maka dipastikan mifi tidak connect tersebut bisa segera diatasi.

2. Setting Jenis APN di Pengaturan MiFi

Setting Jenis APN di Pengaturan MiFi

Sebab nya Anda perlu pernah melakukan pengaturan di jenis APN. Anda bisa memanfaatkan APN yang tersedia di pengaturan aplikasi Mifi masing – masing. Kami biasanya akan setting jenis APN yang sudah disediakan disana.

Mungkin cara yang Kami pakai ini bisa membantu persoalan Anda. Jika Anda masih merasa kurang begitu yakin dengan APN default dari provider Smartfren, silakan gunakan APN dibawah ini untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat lagi.

Cara setting modem smartfren yang tidak bisa connect adalah dengan mengatur jenis APN.

Cara setting modem smartfren yang tidak bisa connect
Cara setting modem smartfren yang tidak bisa connect 

Silakan gunakan apn sesuai dengan gambar diatas dan jangan lupa untuk mengisikan jenis DNS nya. Kami sarankan menggunakan DNS google saja karena DNS tersebut sudah paling cepat.

Bagi yang tidak mengetahui DNS google itu seperti apa. Berikut DNS google yang bisa Anda masukan ke menu DNS setting seperti gambar diatas sebagai berikut.

  • DNS Primer : 8.8.8.8
  • DNS Sekunder : 8.8.4.4

Itulah DNS milik google. Masih banyak lagi dns yang bisa Anda dapatkan di internet jika mau mencarinya.

Namun saran Kami menggunakan DNS milik google karena server nya udah paling cepat.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Modem Mifi Smartfren m3y & m3z Terjitu (Berhasil)

3. Mifi Andromax Tidak Ada Sinyal Setting Data Roaming

Mifi Andromax Tidak Ada Sinyal Setting Data Roaming

Apabila mifi andromax tidak bisa connect ke laptop mungkin disebabkan karena belum mengaktifkan data roaming.

Fungsi data roaming adalah untuk mentransfer data internet lebih cepat ke server Anda. Disamping kecepatan yang diperoleh maksimum, paketan Anda juga akan cepat habis.

Untuk mengaktifkan data roaming ini Anda harus pikir dua kali untuk mengaktifkan.

Supaya sinyal andromax mifi tidak hilang, Anda bisa menggunakan pengaturan data roaming dengan kata lain paket data akan terkuras dengan cepat.

Bagi Anda yang orangnya tidak mau dengan sinyal lemah, silakan gunakan cara mengaktifkan data roaming dibawah ini untuk mengatasi mifi smartren tidak bisa konek internet di hp dan laptop.

cara setting modem smartfren yang tidak bisa connect
cara setting modem smartfren yang tidak bisa connect

Berikut ini cara setting modem smartfren yang tidak bisa connect:

  • Buka Aplikasi Mylink Mxx (Sesuai jenis modem Anda) 
  • Masuk ke Pengaturan 
  • Pilih Operator Jaringan
  • Kemudian tap menu Data Roaming 
  • Aktifkan (Pilih sebelah kanan)

Untuk pengaturan operator biarkan default saja karena memang tidak bisa diganti.

Baca juga: 10 Modem Wifi MIFI 4G LTE Terbaik di Tahun 2022

4. Hubungkan Dengan Perangkat yang Lain

Hubungkan Mifi Dengan Perangkat yang Lain

Sebelum kita melakukan hal yang lebih jauh, ada baiknya Anda coba untuk menghubungkannya dengan perangkat yang lain. Buka dengan smartphone yang biasa digunakan. Misalnya Anda selalu menggunakan smartphone samsung, lalu coba hubungkan dengan smartphone ASUS atau laptop. Apakah Andromax mifi tetap tidak terhubung ke internet?

Baca juga: 7 Best Modem Wifi 4G Portable All Operator Terpopuler

5. Aktif & Non-aktifkan WPS

Tombol WPS yang tersedia di mifi Andromax, berfungsi untuk mengamankan jaringan atau konektivitas antar perangkat yang terhubung dan yang mencoba untuk terhubung dengan wifi. Untuk itu, hidupkan dan matikan fitur ini kemudian cobalah untuk mengakses internet.

6. Matikan dan Lepaskan Baterai Andromax Mifi

Matikan dan Lepaskan Baterai Andromax Mifi

Matikan mifi kemudian lepaskan baterai dan kartu SIM. Biarkan terlepas selama 1 menit kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi Andromax m3y dan m3z tidak bisa konek ke internet atau hilang sinyal.

7. Restart Smartphone atau Laptop Anda

Saat Kami menggunakan Andromax m3z, biasanya akan terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus. Misalnya saat laptop dengan windows 10 muncul icon warning atau “no connection” Kami langsung melakukan restart. Begitupun jika hal ini terjadi terhadap smartphone Android Kami.

8. Reset Andromax Mifi

Reset Andromax Mifi.

Solusi terkahir Reset mifi andromax untuk memperbaiki mifi Andromax tidak bisa konek ke internet adalah dengan melakukan “Reset”. Hidupkan mifi kemudian buka cover penutup baterai belakang, disana akan terdapat tombol “Reset”. Tekan selama beberapa detik maka ia akan kembali ke pengaturan awal.

Harap diperhatikan, jika Anda tidak memiliki paket data internet aktif atau pulsa maka jangan praktekan cara mengatasi andromax mifi tidak bisa konek ke internet ini. Solusi paling jitu adalah mengisi pulsa kemudian membeli paket datanya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi mifi andromax m3y, m3z, m2y, dan m2z tidak bisa konek internet karena sinyal andromax merah terus semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…