5 Cara Mematikan Antivirus Windows 7 di Laptop dengan Mudah

Bagaimana cara mematikan antivirus windows 7 di Laptop dengan cepat? Simak cara menonaktifkan windows defender secara permanen berikut ini.

Cara Mematikan Antivirus Windows 7 - Sebagai upaya untuk melindungi sistem komputer, Windows menyediakan perangkat lunak antivirus bawaan yang disebut Windows Defender. Perangkat ini bertugas melindungi sistem komputer dari malware berbahaya yang bisa berakibat fatal.

Windows Defender berfungsi untuk mencegah akses yang mencurigakan dan dan melindungi komputer dari perangkat lunak yang tidak diinginkan. Windows Defender bekerja dengan mendeteksi file malware, memblokir eksploitasi dan serangan berbasis jaringan, dan mendeteksi situs phishing.

Perlu anda ketahui bahwa mematikan windows defender secara otomatis menghilangkan perlindungan terhadap virus atau spyware. Ini mungkin akan sangat berbahaya jika anda tidak instal antivirus tambahan dari pihak ketiga.

Window Defender Antivirus tersedia di Windows 10 dan Windows 11, dan dalam versi Windows Server. Meski bermanfaat, beberapa pengguna Windows lebih memilih menggunakan antivirus lain karena fitur yang ditawarkan lebih lengkap, sehingga Windows Defender tidak diperlukan. 

Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mematikan antivirus windows defender di windows 7. Untuk lebih lengkap simak penjelasannya pada berikut ini.

Cara Mematikan Antivirus Windows Defender di Windows 7

Cara Mematikan Antivirus Windows 7

  1. Pilih “Start” dan ketik "Windows Security" untuk mencari perangkat lunak itu.
  2. Pilih aplikasi “Windows Security” dari hasil pencarian.
  3. Untuk menonaktifkan Windows Defender, pilih opsi “Virus & threat protection”.
  4. Klik bagian “Manage”.
  5. Nonaktifkan bagian “Real-time protection”.
  6. Windows Defender telah dinonaktifkan.

Perlu dipahami bahwa cara ini tidak menonaktifkan WindowsDefender secara permanen karena terdapat pemindaian terjadwal yang mengaktifkan kembali Windows Defender.

Langkah + gambar cara mematikan windows defender di windows 7

1. Langkah pertama adalah mengklik ikon windows di sudut kiri bawah.

2. Klik ketik defender dan temukan Windows Defender.

Windows Defender

3. Setelah itu Anda mengklik tab di bagian atas ikon roda gigi dengan kata-kata Alat.

ikon roda gigi dengan kata-kata Alat

4. Akan ada tab popup kemudian temukan di panel Pengaturan ikon roda gigi yang bertuliskan Opsi.

ikon roda gigi

5. Klik Administrator pilihan dan kemudian hapus centang Gunakan program ini.

Administrator pilihan dan kemudian hapus centang Gunakan program ini

6. Popup admin muncul, cukup klik Ya untuk menyetujui.

klik Ya untuk menyetujui

7. Dan sekarang Windows Defender mati. Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan mencentang kotak yang disediakan di bagian Administrator.

Selesai Windows Defender mati

8. Selesai.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Secara Permanen

Ada dua cara untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen.Cara pertama melalui registry dan carakedua adalah melalui “Local Group Policy”.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui Registry

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui Registry

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen melalui registry.

  1. Buka perintah “Run” dengan menekan Win + R.
  2. Pada kotak yang muncul, ketik regedit dan klik "OK".
  3. Registry akan ditampilkan. Pada bilah navigasi sebelah kiri, temukan folder berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender.
  4. Di bilah kanan mungkin sudah terdapat file "DisableAntiSpyware". Jika tidak ada, file baru perlu dibuat.
  5. Caranya, klik kanan di bawah file “(Default)”.
  6. Pilih “New” > “DWORD (32-bit) Value.” Windows akan membuat file DWORD tanpa judul.
  7. Klik kanan file dan klik "Rename," lalu beri nama "DisableAntiSpyware".
  8. Klik kanan file "DisableAntiSpyware" dan klik "Modify ..."
  9. Untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen, setel data nilai ke "1" dan klik "OK". Jika ingin mengaktifkan kembali Windows Defender, ubah nilainya menjadi "0".

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui Local Group Policy

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui Local Group Policy

Adapun cara menonaktifkan Windows Defender melalui Local Group Policy adalah sebagai berikut.

  1. Untuk memulai, tekan Win + R untuk memuat kotak “Run”, lalu ketik gpedit.msc ke dalam kotak dan tekan "OK".
  2. Ketika jendela Local Group Policy dimuat, periksa di bagian "Computer Configuration" untuk folder "Administrative Templates".
  3. Buka "Administrative Templates" > "Windows Components" > "Windows Defender".
  4. Di sebelah kanan terdapat file bernama "Turn off Windows Defender".
  5. Klik dua kali dan klik "Enabled" di sebelah kiri. Cara ini mengaktifkan perintah "Turn off Windows Defender" yang menonaktifkan Windows Defender secara permanen. Untuk mengaktifkannya kembali, ubah menjadi "Disabled".
  6. Klik “Apply” > “OK”.
  7. Setelah itu, restart komputer.

Fitur-fitur Antivirus Windows Defender pada Windows 7

Sebelum menonaktifkan Windows Defender, ada baiknya mengetahui manfaat yang didapatkan jika menggunakannya. Fitur-fitur Windows Defender mencakup:

  • Antivirus. Windows Defender memiliki berbagai opsi pemindaian. Mulai dari pemindaian cepat, pemindaian sistem lengkap, serta pemindaian khusus untuk memeriksa file dan folder.
  • Perlindungan. Windows Defender dapat diatur untuk secara otomatis memblokir aplikasi yang tidak sah agar tidak dapat mengakses folder dokumen utama (Dokumen, Gambar, Video, Musik, lainnya).
  • Analisis ancaman (threat analytics). Windows Defender melindungi sistem dengan analisis ancaman dan Microsoft Secure Score for Devices. Tujuannya memberi informasi keamanan, seperti rekomendasi dan peluang untuk meningkatkan keamanan.
  • Perlindungan jaringan (network protection). Windows Defender dapat memblokir URL dan alamat IP tertentu yang mungkin berbahaya.
  • Attack Surface Reduction. Windows Defender menggunakan perlindungan cloud untuk mengurangi kerentanan, sehingga mencegah serangan di sistem.
  • Pemblokiran file (file blocking). Windows Defender dapat memblokir file tertentu dan mengkarantina file berbahaya.

Windows Defender dirancang untuk melindungi sistem. Ada baiknya untuk tetap mengaktifkannya sampai antivirus lain terpasang, karena menonaktifkan Windows Defender dapat menempatkan komputer dalam keadaan rentan karena tidak ada proteksi.

Selain itu, Windows Defender menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem daripada kebanyakan aplikasi antivirus, sehingga tidak memperlambat performa sistem komputer. Jadi, lebih baik tetap mengaktifkan Windows Defender sebagai perlindungan tambahan meski sudah menggunakan antivirus lain.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Untuk Sementara

Bahaya Mematikan Antivirus Bawaan Windows 7

1. Tidak ada keamanan

Pada Windows 7 Windows Defender dikenal sebagai Microsoft SpyWare dan untuk Windows 8 dan 10 sekarang ini sudah ditingkatkan keamanannya sehingga menjadi antivirus.

Memang Windows Defender tidak terlalu kuat untuk menyaring program jahat. Tapi ini akan membantu memberikan keamanan pada sistem Windows sehingga laptop/komputer tidak mudah kena virus.

Tidak adanya keamanan ini dapat menyebabkan komputer anda diretas sehingga anda tidak bisa memakai komputer lagi.

2. Rentan terkena virus / malware

Virus pada OS Windows sekarang ini juga semakin canggih, untuk itulah kita memerlukan antivirus yang dapat mengatasi virus.

Windows Defender bagaikan vaksin sehingga komputer tidak lagi terkena malware jahat.

3. Melemahkan sistem

Jika sistem anda lemah dan terjangkit virus maka komputer akan mudah lag, crash, atau bahkan BSOD.

Jika sistem anda benar-benar sudah lemah. Komputer tidak akan bekerja dengan baik alih-alih harus instal ulang nantinya.

Windows Defender berperan penting bagi kesehatan komputer anda. Untuk itu sebelum anda menonaktifkan Windows Defender lebih baik dipikir-pikir terlebih dahulu. Memang ada beberapa alasan yang tidak bisa dibantah karena kadang-kadang Windows selalu update sendiri sehingga menghabiskan banyak kuota.

Nah itulah kiat bagaimana cara mematikan antivirus windows 7 melalui windows defender. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…