[FIX] Kenapa WhatsApp tidak bisa menerima kode verifikasi?

Kenapa whatsapp tidak bisa menerima kode verifikasi? Bagaimana cara mengatasi kode verifikasi WA tidak muncul di SMS? Simak artikel selengkapnya..

Kenapa WhatsApp tidak bisa menerima kode verifikasi? - Setelah selesai menginstal aplikasi WhatsApp di hp, setiap pengguna akan diminta untuk menyelesaikan proses verifikasi akun. Dalam proses tersebut, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang didaftarkan oleh pengguna melalui SMS.

Kode verifikasi WhatsApp sendiri terdiri dari kombinasi angka dan huruf enam digit. Jika Anda gagal atau salah memasukkan kode verifikasi enam digit, maka dapat dipastikan Anda tidak akan dapat mengakses akun WhatsApp di HP android.

Memasukkan kode verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa nomor telepon yang terdaftar adalah pemilik sah dari akun WhatsApp. Sebelum mendapatkan kode verifikasi, pengguna harus memasukkan nomor teleponnya di WhatsApp terlebih dahulu.

Selanjutnya, kode verifikasi WhatsApp akan dikirimkan ke nomor tersebut melalui SMS. Namun, terkadang proses verifikasi akun WhatsApp tidak semudah yang dibayangkan. Dalam kasus tertentu, kode verifikasi WhatsApp mungkin tidak muncul di SMS.

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami atau sedang mengalami masalah ini. Jadi, mengapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk ke SMS.

Penyebab kenapa kode verifikasi tidak muncul di SMS padahal sudah benar?

Penyebab Kenapa WhatsApp tidak bisa menerima kode verifikasi

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dan solusinya mengapa WhatsApp tidak menerima kode verifikasi:

1. Nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif

Pertama, penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk ke SMS adalah nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif lagi. Ketika masa aktif telah berakhir atau kartu operator sudah hangus, biasanya nomor telepon tersebut tidak akan dapat digunakan untuk menerima SMS dan panggilan telepon.

Oleh karena itu, cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul di SMS dapat dilakukan dengan memastikan nomor telepon tersebut masih memiliki masa aktif.

Untuk memastikannya, silakan akses menu dial di hp Anda dan hubungi layanan operator seluler dari nomor telepon tersebut menggunakan kode UMB. Setiap operator memiliki kode UMB yang berbeda, misalnya *123# untuk nomor telepon XL Axiata.

2. Tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai

Tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab persoalan ini bisa juga timbul karena ponsel pengguna tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai. Sebagaimana umum diketahui, semua layanan WhatsApp beroperasi menggunakan koneksi internet.

Bila ponsel terhubung dengan koneksi internet yang buruk maka bakal bisa menimbulkan gangguan dalam mengakses layanan WhatsApp, termasuk dalam menerima kode verifikasi.

Dalam kasus ini, cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS adalah memastikan ponsel telah terhubung dengan koneksi internet yang memadai. Caranya, silakan kunjungi platform buat cek kualitas koneksi internet, seperti Speedtest by Ookla.

3. Sinyal jaringan seluler yang lemah

Supaya bisa menerima kode verifikasi WhatsApp, sinyal jaringan seluler di ponsel juga harus bagus. Sinyal jaringan seluler yang lemah bisa jadi penyebab kenapa lama mendapatkan kode verifikasi WhatsApp.

Kualitas sinyal jaringan seluler ini bisa dicek langsung di ponsel. Caranya, lihat bar atau batang sinyal yang biasa tertera di bagian atas layar ponsel. Bila terdapat banyak bar yang kosong, artinya sinyal jaringan seluler di ponsel lemah.

4. Mode pesawat aktif

Mode pesawat aktif

Untuk menerima SMS berisi kode verifikasi WhatsApp, jaringan seluler di ponsel harus aktif. Artinya, Anda tidak bakal bisa menerima kode tersebut bila mode pesawat ponsel diaktifkan. Saat diaktifkan, ponsel bakal otomatis mematikan sambungan jaringan seluler.

Tanda mode pesawat aktif adalah munculnya ikon pesawat di bagian atas layar ponsel. Anda bisa mematikan mode pesawat agar kode verifikasi WhatsApp terkirim di SMS. Caranya, ketuk nonaktifkan ikon pesawat yang biasa terdapat di menu pengaturan cepat ponsel.

5. Salah memasukkan kombinasi nomor telepon

Penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk ke SMS adalah Anda mungkin salah memasukkan kombinasi nomor telepon.

Saat proses verifikasi akun berjalan, nomor telepon harus dimasukkan tanpa diawali dengan angka “0”, lantaran telah menggunakan kode negara, misalnya yang benar adalah “+62812121212” (tanpa tanda kutip), bukan “+620812121212”.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah memasukkan kombinasi nomor telepon yang benar sebelumnya, supaya bisa menerima kode verifikasi WhatsApp di SMS.

6. Memastikan semua perizinan aplikasi pada WhatsApp

Memastikan semua perizinan aplikasi pada WhatsApp
Agar kode verifikasi WhatSapp muncul di SMS atau melakukan panggilan agar mendapatkan kode verifikasi dari WhatsApp, anda perlu mengaktifkan perizinan aplikasi atau izinkan aplikasi.

Berikut cara mengubah izin aplikasi pada WhatsApp di HP android:

  1. Di ponsel, buka aplikasi Setelan.
  2. Ketuk Aplikasi.
  3. Ketuk aplikasi yang ingin diubah. Jika Anda tidak dapat menemukannya, ketuk Lihat semua aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi.
  4. Ketuk Izin.
  5. Jika Anda mengizinkan atau menolak izin untuk aplikasi, Anda akan menemukannya di sini.
  6. Untuk mengubah setelan izin, ketuk setelan tersebut, lalu pilih Izinkan atau Jangan izinkan.

Untuk izin lokasi, kamera, dan mikrofon, Anda mungkin dapat memilih:

  • Sepanjang waktu (Hanya lokasi): Aplikasi dapat menggunakan izin kapan saja, bahkan saat sedang tidak digunakan.
  • Izinkan hanya saat aplikasi digunakan: Aplikasi dapat menggunakan izin hanya saat sedang digunakan.
  • Selalu tanya: Setiap kali dibuka, aplikasi akan meminta untuk menggunakan izin. Aplikasi dapat menggunakan izin hingga Anda selesai menggunakannya.
  • Jangan izinkan: Aplikasi tidak dapat menggunakan setelan, bahkan saat sedang digunakan. 

7. Aplikasi WhatsApp perlu di-update

Aplikasi WhatsApp perlu di-update

Beberapa ponsel dengan versi Android yang berbeda membuat versi aplikasi Whatsapp berbeda pula, serta pengaturan auto update Google Play Store yang dimatikan. Hal ini membuat aplikasi Whatsapp tidak update di versi yang terbaru. Untuk menghindari bug atau perbaikan aplikasi, pastikan aplikasi Whatsapp Anda sudah versi yang terbaru.

Caranya dengan masuk ke Play Store » Klik Akun » Aplikasi dan Game Saya » Cari Aplikasi Whatsapp » Tekan Tombol Update.

8. Cache aplikasi WhatsApp yang menumpuk

Masalah berikutnya mungkin ada pada cache aplikasi Whatsapp yang penuh atau menumpuk. Cara ini adalah dengan membersihkan cache atau riwayat aplikasi Whatsapp yang menumpuk sehingga kode OTP tidak lekas muncul.

Hapus cache dengan cara masuk ke Pengaturan Ponsel » Manager Aplikasi » Cari Aplikasi Whatsapp » Bersihkan cache dan data.

9. Restart Ponsel Anda

Lakukan mulai ulang atau restart ponsel Anda agar aplikasi yang berjalan pada ponsel dapat berjalan normal kembali. Cara ini dapat membantu aplikasi default ponsel bisa kembali dalam keadaan refresh kembali.

10. Lakukan Verifikasi Dengan Panggilan Suara

Kode OTP tidak terkirim melalui SMS, maka lakukan dengan cara meminta kode verifikasi melalui panggilan. Hal ini adalah cara yang efektif jika kita tidak sadar bahwa kotak masuk SMS di ponsel kita ternyata penuh dengan SMS spam atau promosi yang tidak penting.

Panggilan suara dari Whatsapp nantinya akan memberikan kode verifikasi 6 digit yang selanjutnya akan dipakai untuk login aplikasi. Siapkan alat tulis untuk mencatat kode verifikasi, kemudian masukkan ke aplikasi Whatsapp.

Jika dengan cara di atas kode verifikasi tetap belum diterima, cobalah untuk memuat ulang ponsel atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Itulah informasi seputar penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk di SMS, serta cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…