Begini Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Redmi MIUi 10

Bagaimana cara cek kesehatan baterai Xiaomi? Simak inilah paling mudah cara mengecek kesehatan/health battery di HP Xiaomi redmi MIUI 10.

Cara cek kesehatan baterai - Health Battery merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik smartphone. Sebab, pemakaian smartphone yang sembarangan dan dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi performa baterai.

Jika performa kesehatan baterai atau baterai health menurun, maka baterai bisa gampang cepat habis, atau daya maksimal yang disimpan sudah tidak seperti saat masih baru.

Khusus untuk pengguna ponsel android termasuk HP Xiaomi, mereka dapat mengetahui apakah baterai ponsel mereka masih dalam kondisi yang prima atau tidak. Bagaimana cara cek kesehatan baterai Xiaomi, apakah masih sehat atau tidak?

Cara mengecek kesehatan baterai di HP Xiaomi ini dapat dilakukan dengan mengandalkan laporan bug yang disediakan oleh sistem MIUI.

Sebagai contoh bagaimana cara mengecek kesehatan baterai xiaomi, disini kami menggunakan perangkat Xiaomi Mi 10 dengan MIUI versi 12.5.3. Berikut ini merupakan cara cek baterai health di HP Xiaomi yang telah kami himpun dari berbagai sumber.

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

  • Buka menu Settings » About Phone » All specs.
  • Tekan teks "CPU" sebanyak lima kali.
  • Tekan tombol "Agree" pada jendela notifikasi yang muncul.
about phone battery health xiaomi
  • Sistem MIUI akan secara otomatis membuat laporan bug. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit.
  • Setelah proses tersebut rampung, segera buka laporan bug yang telah dibuat.
  • Cari file laporan bug. File ini ditandai dengan nama "bugreport-" dan diikuti oleh tanggal kapan bug tersebut dibuat. Sebagai contoh, nama file laporan bug: bugreport-2022-06-16-115730.zip.
  • Buka file tersebut dan tekan file dengan format zip lainnya dengan nama "bugreport-umi_id". Sebagai contoh, nama file tersebut: bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-16-11-57-30.zip.
storage battery health xiaomi
  • Tekan Extract here dan buka dengan format "bugreport-umi_id.txt". Contoh nama file yang dimaksud: bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-16-11-57-30.zip.
  • Pada file tersebut, cari kata kunci "healthd" di kolom pencarian.
  • Kemudian cari teks "fc". Fc merupakan indikator yang menunjukkan berapa kapasitas baterai HP Xiaomi saat ini.
open bug battery health xiaomi

Menentukan kondisi baterai HP Xiaomi

Berapa kesehatan baterai saya? Kami menemukan bahwa kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang saat ini digunakan adalah 3384000. Artinya kapasitas baterai ponsel tersebut sebesar 3.384 mAh.

Untuk mengetahui atau menentukan keadaan baterai saat ini, Anda perlu menggunakan rumus berikut:

  • (Kapasitas baterai saat ini/kapasitas baterai secara keseluruhan) x 100

Sebagai contoh, kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang digunakan saat ini adalah 3.384 mAh. Sedangkan kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 dalam kondisi baru adalah 4.780 mAh. Maka dari itu:

  • 3.384 mAh / 4.780 mAh x 100

Jadi, kondisi baterai Xiaomi Mi 10 yang telah kami lakukan pengecekan sebelumnya berada di kondisi 70 persen.

Kondisi ini tergolong rendah. Apabila HP dengan kapasitas baterai di bawah 80 persen, maka sangat disarankan untuk segera menggantinya agar performa ponsel tetap maksimal.

Demikianlah sedikit tips singkat mengenai cara cek kesehatan Baterai Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…