4 Cara Cek Kesehatan Hardisk Eksternal maupun Internal di Windows

Bagaimana cara cek kesehatan Hardisk? Nah jika anda pemula menggunakan windows, yuk simak cara mengecek kesehatan hard disk eksternal atau internal.

Cara cek kesehatan hardisk - Hard disk adalah salah satu komponen kunci dalam komputer. Hardware atau perangkat keras ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data di komputer. Karena merupakan memori non-volatile, data yang terdapat dalam hard disk tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

Cara mengecek kesehatan hardisk sebenarnya sangat mudah baik hardisk external maupun internal. Komputer biasanya dilengkapi dengan hard disk internal dengan ukuran berbeda (biasanya dihitung dalam gigabyte atau GB). 

Pengguna komputer juga dapat mengganti dan menginstal hard disk mereka sendiri jika diperlukan. Ini biasanya dilakukan ketika hard disk default rusak dan tidak dapat lagi digunakan.

Memeriksa kesehatan hard disk ini bukan dengan mengeluarkannya dari komputer dan kemudian membongkarnya, tetapi dengan membaca data yang dikirimkan oleh sistem. 

Berikut adalah beberapa cara untuk dengan mudah memeriksa kesehatan hard disk di komputer yang menjalankan OS Windows.

1. Menggunakan Tools Pabrikan Hard Disk

Cara Cek Kesehatan Hardisk Eksternal maupun Internal di Windows

Cara pertama untuk mengecek kesehatan hard disk eksternal maupun internal adalah dengan menggunakan alat atau tools khusus yang disediakan oleh pabrikan hard disk. 

Biasanya setiap sistem operasi telah menyediakan tools gratis untuk memantau kesehatan dan kinerja hard disk kita. 

Menggunakan Tools Pabrikan Hard Disk

Berikut adalah langkah-langkah cara cek kesehatan hardisk:

  • Cari tahu produsen hard disk yang Anda gunakan. Untuk mengetahuinya melalui sistem Anda dapat pergi ke Device Manager di komputer (pergi ke Control Panel atau lakukan pencarian dengan mengetik "Device Manager".
  • Jika tab Device Manager sudah terbuka, pilih opsi Disk drives » klik simbol segitiga » catat model hard disk yang muncul.
  • Kemudian buka Google Search dan ketikkan nomor model hard disk Anda di tab pencarian. Hasil pencarian yang muncul biasanya akan langsung menunjukkan merk atau produsen hard disk tersebut.
  • Setelah nama pabrikan hard disk di ketahui, kunjungi website resmi mereka » buka halaman dukungannya » cari utilitas hard drive mereka.
  • Unduh tools yang tersedia lalu pasang di komputer Anda.
  • Tools yang disediakan oleh setiap pabrikan kemungkinan besar memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi mereka memiliki fitur diagnostik yang memungkinkan Anda untuk mengecek kesehatan hard drive Anda.
  • Karena komputer penulis menggunakan hard disk buatan Seagate, Anda dapat langsung mengunduh tools diagnostik hard disk pabrikan ini di sini.

Baca juga: Cara Mengetahui Hardisk MBR atau GPT di Windows 10

2. Menggunakan Tool Windows CHKDSK

Menggunakan Tool Windows CHKDSK

Cara cek kesehatan hardisk yang kedua ini tidak mengharuskan Anda untuk mengunduh dan memasang aplikasi apapun di komputer. Anda bisa menerapkan cara cek kesehatan hard disk dengan memanfaatkan tool bawaan Windows yang dapat langsung dipergunakan. Tools ini disebut sebagai Windows CHKDSK.

Tool Windows CHKDSK ini dapat memindai hard disk komputer Anda untuk menemukan kesalahan sistem dan bad sector. Selain itu, jika terdapat masalah dengan hard disk Anda, tool ini bisa membantu menunjukkan apa masalahnya.

Tool ini juga dapat memperbaiki masalah yang dapat diperbaiki dan akan memberi tahu Anda jika terdapat masalah yang lebih besar yang tidak dapat diperbaiki. 

Jadi, tool ini dapat Anda gunakan untuk memindai sekaligus memperbaiki masalah pada hard disk jika memungkinkan. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan tool ini.

  • Klik kanan pada hard disk yang ingin Anda cek kesehatannya, kemudian pilih Properties.
  • Pilih menu Tools pada tab yang muncul, kemudian pilih juga opsi pengecekan hard disk yang tersedia pada kotak dialog yang terbuka.
  • Selanjutnya klik Check atau Check now untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan.
  • Jika hard disk Anda aman-aman saja biasanya akan muncul pesan bahwa Anda tidak perlu memindai atau mengecek kesehatan hard disk tersebut.

Baca juga: Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius

3. Menggunakan Perintah WMIC

Menggunakan Perintah WMIC

Cara cek kesehatan hardisk lewat CMD. Metode ini juga dapat Anda lakukan hanya dengan mengandalkan sistem bawaan komputer. 

WMIC sendiri adalah sebuah command-line interface yang memungkinkan pengguna komputer menjalankan tugas-tugas (task) administratif, termasuk mengecek kesehatan hard disk.

Perintah ini menggunakan fitur S.M.A.R.T atau Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology untuk melihat status hard disk dengan memberikan kesimpulan sederhana, seperti "OK" atau "Pred Fail" dll.

Meskipun perintah yang terbilang masih yang sangat mendasar ini hanya memberikan informasi yang sangat singkat, tetapi cara ini merupakan salah satu yang tercepat untuk mengetahui status hard disk. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka dialog pencarian.
  • Ketik "cmd" lalu klik Ok untuk membuka command prompt Windows.
  • Ketik "wmic" lalu tekan enter.
  • Ketika antarmuka WMI telah siap, ketik "diskdrive get status" lalu tekan enter lagi.
  • Kemudian status hard disk Anda akan ditampilkan.
  • Jika statusnya "OK" berarti hard disk baik-baik saja, sedangkan jika statusnya "Pred Fail" berarti fitur S.M.A.R.T mengalami kegagalan atau eror yang salah satunya disebabkan oleh adanya bad sector pada hard disk.

Baca juga: Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 10

4. Menggunakan Tools Pengecek Hard Disk Pihak Ketiga

Menggunakan Tools Pengecek Hard Disk Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk memeriksa kesehatan hard disk Anda. Alat-alat ini biasanya menampilkan informasi yang lebih lengkap tentang status hard disk komputer Anda.

Untuk melaksanakan tugasnya dan mengambil data, alat ini menggunakan fitur S.M.A.R.T yang sama dengan perintah WMIC. Namun lagi-lagi informasi yang mereka berikan lebih detail.

Ada beberapa alat pengecekan hard disk pihak ketiga yang dapat Anda unduh dan instal di komputer Anda, seperti CrystalDiskInfo, Hard Disk Sentinel, dan HDDScan.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Tanpa Instal Ulang

CrystalDiskInfo misalnya, alat ini cukup sederhana namun dapat diandalkan. Alat gratis dan sangat ringan ini menawarkan banyak informasi yang diperlukan, seperti suhu, status kesehatan, jenis dan fitur hard disk, dan status lain seperti tingkat kesalahan baca / tulis dan waktu pemutaran, dll.

Setelah alat-alat ini diinstal, maka Anda hanya perlu menjalankannya dan membiarkannya bekerja. Secara default, alat CrystalDiskInfo akan memeriksa kesehatan hard disk setiap 10 menit dan memberi tahu Anda jika hard disk bermasalah.

Baca juga: Cara Mengunci Folder di Laptop SIMPLE Banget!

Tool-tool tadi mungkin mengandung iklan, jadi pastikan Anda menggunakan opsi “Custom Installer” untuk meng-uncheck opsi yang tidak dibutuhkan.

Nah, itulah 4cara mengecek kesehatan hard disk yang dapat Anda lukan dengan mudah di komputer Windows. Jika Anda menemukan masalah pada hard disk yang menyebabkan komputer menjadi eror, mungkin sudah waktunya hard disk untuk diganti.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…