3 Cara Membuat WhatsApp Auto Reply Ternyata GAMPANG!

Bagaimana cara membuat whatsapp auto replay? Simak begini 3 cara settings balasan pesan WA singkat padat jelas secara otomatis.

Cara Membuat Whatsapp Auto Reply - WhatsApp auto reply atau balasan cepat pesan singkat secara otomatis memang kerap digunakan oleh pebisnis dan individu pribadi untuk memberikan balasan pesan yang cepat di dalam urusan bisnis. Anda dapat mengatur pesan otomatis selama Anda tahu cara WhatsApp auto reply dengan benar.

Tidak semua orang mengetahui cara membalas pesan WA otomatis tanpa aplikasi, jadi Anda harus mencari informasi yang valid. Keberhasilan dalam membalas pesan otomatis dapat membuat Anda terlihat keren dan profesional.

Bahkan, ini bisa menjadi nilai tambah bagi perusahaan atau toko online Anda karena memberikan pengembalian layanan kepada pelanggan.

Lantas bagaimana cara membuat WhatsApp auto reply agar WA dapat membalas chat atau pesan secara otomatis? Simak ulasannya pada berikut ini.

Cara Membuat WhatsApp Auto Reply

Cara Membuat WhatsApp Auto Reply Ternyata GAMPANG!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, carilah informasi valid seperti yang akan diberikan di bawah ini. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan untuk buat auto reply WhatsApp dan bisa disesuaikan dengan keinginan anda.

Memang untuk membuat auto reply membutuhkan aplikasi khusus namun bisa saja aplikasi tersebut memberikan tambahan keuntungan bagi Anda untuk membalas pesan otomatis dan menghemat waktu.

1. Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business

Rekomendasi pertama Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business yang sudah booming akhir-akhir ini. Anda bisa menggunakannya secara gratis dan tanpa iklan di dalam aplikasinya.

Memang ditujukan untuk bisnis sehingga tak heran jika fiturnya sangat menarik dan bahkan bisa digunakan untuk auto reply pesan dari para pengirim seperti pelanggan. Fitur ini bisa digunakan untuk membalas pesan saat Anda sedang tidak memegang handphone loh.

Penasaran, bagaimana langkah-langkah cara membuat WhatsApp auto reply di WA business? Yuk lihat pembahasan di bawah ini agar mudah mengaplikasikan setting auto reply whatsapp business:

  • Instal aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Kemudian, masuk ke dalam aplikasi dan Login menggunakan akun WhatsApp anda.
  • Masuk ke menu Settings dan klik titik tiga pada aplikasi.
  • Carilah Send Away Message, klik toggle hingga aktif dan berwarna biru atau hijau.
  • Lakukan edit pesan otomatis dengan tap Message dan isikan pada kolom yang tersedia.
  • Jika pesan berhasil di edit bisa klik OK.
  • Edit kapan Anda ingin mengirim pesan dengan Schedule Message dengan 3 pilihan yaitu Always Send, Custom Schedule, atau Outside of Business Hours.
  • Terakhir, pilih penerima dengan Select Receiver yang akan mendapatkan auto reply tersebut dengan pilihan Everyone, Everyone not in Address Book, Everyone Except, atau Only Send to.

Jika langkah di atas sudah berhasil dilakukan maka Auto Reply pada WhatsApp Business sudah aktif.

Melihat langkah yang diberikan di atas bisa dilihat bahwa pengiriman pesan otomatis bisa dilakukan secara spesifik. Hal tersebut dikarenakan kegunaan dari WhatsApp Apk versi ini dibuat untuk memudahkan komunikasi pada bisnis online shop.

Apakah Anda salah satu pebisnis yang membutuhkan WhatsApp Business? Jika menginstal WA versi ini maka beberapa fitur unggulannya juga bisa Anda rasakan dan tidak terbatas pada Auto Reply saja.

Jika penasaran, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk keperluan pribadi dan tidak langsung pada bisnis. WhatsApp versi ini memang sangat menguntungkan dalam melakukan aktivitas chatting baik untuk sehari-hari atau bisnis.

2. Aplikasi Auto Reply

Settings Aplikasi Auto Reply Whatsapp

Pransulnc meluncurkan sebuah aplikasi yang berguna untuk membalas pesan otomatis dengan nama Auto Reply. Aplikasi yang fitur utamanya sangat diminati para pebisnis ini bisa Anda unduh melalui Google Play Store dan sudah dipastikan aplikasi yang aman.

Anda bisa mendapatkannya dengan gratis namun kegunaannya sangat supportive dalam bisnis online. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan pada WhatsApp sehingga mendukung aktivitas chatting yang maksimal.

Cara menggunakan aplikasi Auto Reply untuk membalas pesan otomatis, Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Auto reply di Google Play Store smartphone anda.
  • Kemudian, izinkan Auto reply untuk terhubung dengan notifikasi WhatsApp pada saat ada pesan yang masuk.
  • Pada tampilan utamanya bisa klik tanda tambah (+) agar bisa membuat chatbot.
  • Pilih versi WhatsApp anda, apakah WhatsApp reguler atau WhatsApp business.
  • Lalu, masukkan kata kunci untuk menarik balasan chat otomatis anda. Contohnya saja Halo atau bisa memilih All untuk seluruh chat yang masuk bisa dibalas secara otomatis.
  • Untuk keyword yang spesifik bisa memilih Exact Match agar balasan chat muncul secara otomatis.
  • Lanjutkan dengan mengisikan isi balasan otomatis pada kolom yang disediakan.
  • Jika sudah selesai maka lanjutkan dengan klik centang pada bagian bawah kanan layar.

Saat berhasil melakukan langkah di atas maka daftar balasan otomatis pada Auto Reply akan muncul pada halaman pertama. Menariknya lagi, jika Anda ingin menonaktifkan maka tinggal klik toggle di sebelah balasan otomatis tersebut hingga berwarna merah.

Anda juga bisa menambahkan beberapa isi chatbot lainnya dengan mengulangi langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Cara membuat WhatsApp auto reply ini cukup sederhana dan bahkan pengguna baru tidak akan kebingungan di dalam aplikasi.

Aplikasi khusus ini akan membantu bisnis online shop Anda menjadi lebih maju dengan pelayanan chatting yang ditujukan pada customer.

3. Aplikasi GB WhatsApp

Settings Auto Reply GB Whatsapp

Apakah pernah mendengar aplikasi pihak ketiga yang memodifikasi aplikasi original? Salah satu yang terkenal pada aplikasi modifikasi WhatsApp adalah GB WhatsApp yang saat ini sedang dikembangkan oleh Fouad Mods.

Sebenarnya, GB WhatsApp hadir untuk mengatasi keterbatasan dalam aplikasi original. Namun, salah satu fitur unggulannya adalah tersedianya fitur Auto Reply yang bisa digunakan untuk auto reply whatsapp yaitu membalas pesan otomatis tanpa aplikasitambahan.

Namun, Anda harus memperhatikan cara download dan install secara manual dengan benar agar bisa memasukkan aplikasi ke dalam smartphone anda.

Kembali pada fitur auto reply, Anda bisa mengikuti langkah di bawah untuk cara whatsapp auto reply pada GB WhatsApp, yaitu:

  • Download dan install GB WhatsApp pada smartphone terlebih dahulu.
  • Kemudian, login menggunakan nomor baru atau lama yang masih aktif untuk proses verifikasi.
  • Pilihlah menu GB Settings dan pilih Auto Reply Message
  • Lanjutkan dengan klik ikon tambah (+) pada kanan atas.
  • Lalu, isi pesan auto reply sesuai dengan keinginan Anda pada kolom yang disediakan.
  • Atur pada pilihan penerima apakah untuk groups, contacts, atau both.
  • Kemudian, setel waktu dimulai dan selesai fitur auto reply tersebut.
  • Jika sudah maka klik tombol Add pada bagian bawah menu.
  • Aktifkan fitur balasan otomatis WhatsApp dengan menggeser toggle yang ada di samping tulisan Auto Reply Message pada bagian atas.

Lakukan langkah-langkah di atas dengan benar agar GB WhatsApp berhasil membalas pesan WA secara otomatis untuk pesan yang masuk ke WhatsApp. Selain fitur auto reply, ternyata GB WhatsApp memiliki fitur unik lainnya yang akan membuat Anda betah dalam aplikasi.

Fitur seperti dual account, status download, kirim hd dan file besar, kirim video story dengan durasi hingga 7 menit, privasi, fitur keamanan, bahkan diklaim anti banned meskipun aplikasi tersebut dikeluarkan oleh pihak ketiga.

Setelah mengetahui cara membuat balasan otomatis WhatsApp dengan beberapa opsi, anda bebas menggunakan cara mana. Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan aktivitas obrolan anda.

Nah itulah cara membuat dan settings WhatsApp auto reply agar dapat membalas chat pengguna lain dengan cepat secara otomatis. Selamat mencoba!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…