Cara Membuat Collaboration Post di Instagram (IG) Agar Unggahan Dimiliki Bersama

Bagaimana cara membuat Collaboration post di Instagram? Yuk simak buat Anda yang ingin collab / berkolaborasi posting bersama agar muncul di feed IG!

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram agar Unggahan Muncul di Feed Teman - IG Menjadi aplikasi media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, Instagram selalu berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman. 

Salah satu fitur yang baru-baru ini dirilis oleh aplikasi milik Facebook ini bernama Instagram Collaboration. Cara collab di instagram android maupun iPhone iOS sangat mudah untuk dilakukan.

Kehadiran fitur Instagram Collaboration Post memungkinkan pengguna IG untuk mengunggah foto dan video bersama teman-teman. 

Nah, jika anda juga ingin tahu bagaimana cara menggunakan Fitur Collab di Instagram, berikut cara membuat posting bersama di Instgram atau menggunakan Collaboration Post IG agar unggahanmu muncul di feed teman-temanmu.

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Cara menggunakan Collaboration Post di Instagram
Ilustrasi fitur Collaboration Post di IG

Instagram merupakan platform yang sepenuhnya visual. Artinya, unggahan di aplikasi media sosial ini berupa gambar atau video. 

Instagram juga menjadi tempat berbagai aktivitas dan tempat untuk komplain. Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna yang ingin berbagi foto dan video dengan teman, ada fitur bernama Collaboration.

Berikut ini cara posting kolaborasi di Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram dan login akun.
  • Pada halaman home, tekan tombol Add berikon + di bagian kanan atas.
  • Pilih menu Post berikon kotak-kotak.
  • Pada halaman New post, tentukan foto atau video yang akan diunggah.
  • Tekan tombol Next berikon panah ke kanan di bagian kanan atas jika sudah selesai.
  • Pada halaman filter, pilih efek sesuai kebutuhan.
  • Tekan tombol Next di bagian kanan atas untuk melanjutkan.
  • Pada halaman Finishing, kamu dapat memilih Tag People.
cara meminta kolaborasi bersama teman di IG
cara mengirim konten kolaborasi bersama teman di IG
  • Pilih tab Invite Collaborator dan cari pengguna lain yang ingin diundang.
  • Setelah Collaborator dipilih, maka tekan tombol Ok berikon checklist di bagian kanan atas halaman Tag People dan kamu akan kembali ke halaman Finishing.
  • Kamu juga dapat menentukan Caption, menambahkan lokasi, dan memilih atau tidak untuk diunggah ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, maupun Tumblr.
  • Apabila semuanya telah selesai, maka tekan tombol Ok berikon checklist di bagian kanan atas.
Cara membuat postingan kolaborasi di IG

Menyetujui Collaboration

Cara posting di 2 akun instagram akan muncul jika teman yang diajak kolaborasi, terlebih dahulu untuk menyetujuinya agar bisa masuk feed mereka.

Berikut cara menerima kolaborasi instagram:

  • Pengguna yang menjadi Collaborator akan di-mention pada post.
  • Tekan tombol Review pada post tersebut.
  • Pada menu pop-up Accept Invite yang muncul, tekan tombol Accept.
  • Selanjutnya, post akan memiliki dua foto profil yang menyatakan bahwa dimiliki oleh dua orang berbeda.
Cara menerima collaboration post di IG
Cara menerima postingan kolaborasi di IG

Nantinya Anda dan pengguna yang merupakan Kolaborator sama-sama dapat melihat Post Insights yang berisi berapa banyak viewers orang yang mengunjungi dan berinteraksi dengan postingan instagram (IG) tersebut.

Sebagai catatan, postingan Kolaborasi hanya dapat dihapus oleh pembuatnya. Dengan kata lain, pihak yang bekerja sama tidak dapat menghapusnya dan harus meminta bantuan pengunggah jika postingan tersebut akan dihapus.

Nah, itu dia cara posting bersama IG atau membuat collab post di Instagram agar muncul di Feed teman. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…