[FIX] Atasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

Kenapa Instagram saya tidak dapat memuat kabar berita? Begini cara mengatasi instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda paling mudah. Yuk simak!

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda di Android - Instagram merupakan aplikasi media sosial yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak pengguna Android. Pengguna Instagram sering menghabiskan waktu menjelajahi berita atau umpan terbaru. Melalui fitur ini, pengguna Instagram dapat melihat aktivitas pengguna lain.

Namun bagaimana jika tiba-tiba Instagram tidak dapat memuat ulang berita terbaru? Tentu saja Anda merasa jengkel, marah dan sangat kesal.

Berikut ini cara mengatasi IG tidak dapat memuat ulang kabar beranda yang bisa anda gunakan sebagai refrensi untuk memperbaiki masalah tidak bisa memuat kabar berita.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Memuat Ulang Kabar Beranda

Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

Tak perlu kawatir, kami akan memberikan solusi agar insatgram error tersebut bisa digunakan kembali. Berikut beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi masalah instagram yang tidak dapat memuat ulang kabar berita terbaru.

1. Lihat Kecepatan Internet Anda

Lihat Kecepatan Internet Anda

Jika Anda menemukan bahwa Instagram anda tidak dapat memuat ulang kabar beranda, maka hal pertama yang harus anda curigai adalah koneksi internet. Apakah kecepatan koneksi pada jaringan internet Anda dalam keadaan stabil atau bahkan dalam keadaan down?

Anda bisa lihat kecepatan koneksi internet anda dengan membuka pengaturan (setelan), lalu tab kata tentang ponsel. disitu, anda akan melihat kecepatan internet anda.

Atau anda juga bisa cek kecepatan internet anda dengan membuka Aplikasi Youtube. cobalah putar salah satu video, jika video tidak mampu berputar, maka jelas penyebab tidak dimuatnya kabar berita terbaru di instagram adalah kecepatan internet anda.

Beberapa solusi yang bisa anda coba:

  • Cobalah untuk masuk ke mode pesawat selama minimal 10 detik setelah itu, hidupkan kembali koneksi internet anda.
  • Cobalah beralih ke lokasi yang mendukung jaringan koneksi internet anda.
  • Cobalah ganti dengan kartu perdana lain yang punya koneksi internet lebih stabil.

Solusi di atas tidak akan bekerja, bila masalah yang timbul justru karena paket data anda sudah habis.

Baca juga: Kenapa Instagram Keluar Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

2. Hapus Cache di Instagram

Hapus Cache di Instagram

Apabila cara di atas tidak bekerja dan instagram masih saja loading terus sehingga tidak dapat memuat ulang kabar berita maka anda dapat mengatasinya dengan cara menghapus cache di Instagram. 

Cache secara sederhana bisa diartikan sebagai file sampah. Namun sebenarnya, cache itu penting untuk smartphone. Sebab cache merekam seluruh kinerja yang telah dilakukan oleh ponsel. Maka berkat cache, kinerja ponsel jadi lebih ringan. Tapi kalau terlalu menumpuk, malah menyebabkan kinerja aplikasi terganggu.

Sama juga dengan yang terjadi di aplikasi instagram. Jika file cache terlalu menumpuk, bisa menyebabkan berbagai persoalan di instagram. Termasuk juga instagram tidak mampu memuat ulang berita.

Jadi jika instagram tidak bisa memuat berita, coablah bersihkan cache aplikasi instagram. Caranya: Buka Pengaturan (Setelan) » pilih Manager Aplikasi (Aplikasi Terinstal) » Cari dan tab aplikasi Instagram » Bersihkan cache (Clear cache). Beres.

Baca juga: 6+ Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka di HP Android

3. Paksa Berhenti (Force Close) Aplikasi Instagram

Paksa Berhenti (Force Close) Aplikasi Instagram

Jika setelah anda bersihkan data cache dan koneksi internet anda baik-baik saja. tetapi instagram masih juga tidak mampu memuat ulang kabar berita (feed), tindaka berikutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan force close (Paksa Berhenti Aplikasi).

Sebab ketika anda keluar dari aplikasi hanya dengan menekan tombol back (kembali), maka aplikasi sebenarnya tidak benar-benar keluar. Anda bisa lihat di recent apps.

Untuk menutup aplikasi secara sempurna, silakan: Buka Pengaturan (Setelan) » pilih Manager Aplikasi (Aplikasi Terinstal) » Cari dan tab aplikasi Instagram » Pilih Paksa Henti (Force Close).

4. Hapus Data Instagram

Hapus Data Instagram

Masih juga tidak bisa mengatasi menggunakan metode di atas? maka anda bisa coba berishkan data instagram anda. ingat hanya bersihkan data aplikasi instagra saja, bukan menghapus aplikasi.

Sayangnya, ketika anda melakukan tindakan ini, maka secara otomatis seluruh data salam instagram anda akan terhapus. Anda juga akan logout secara otomatis. Jadi setelah melakukan tindakan ini, anda harus login kembali.

Untuk menghapus data aplikasi instagram, anda bisa lakukan seperti membersihkan data cache. Yaitu: Buka Pengaturan (Setelan) » pilih Manager Aplikasi (Aplikasi Terinstal) » Cari dan tab aplikasi Instagram » Pilih Hapus data (Clear data).

Baca juga: [FIX] Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar

5. Matikan Aplikasi Lain Yang Sedang Berjalan

Jika semartphone anda masuk dalam kategori smartphone kelas mainstream atau entry low yang didukung dengan spesifikasi rendah, maka anda tidak boleh membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Jika anda lakukan, beban ponsel akan berat dan bisa saja instagram tidak mampu memuat berita.

Perlu anda ketahui, jika anda membuka aplikasi tetapi hanya anda tutup dengan menekan tombol back (kembali), maka aplikasi sebenarnya tidak benar-benar tertutup. aplikasi masih berjalan di latar belakang.

Untuk menutup aplikasi secara sempurna, tekanlah tombol recent apps, lalu klik tanda silang.

6. Update Aplikasi Instagram

Update Aplikasi Instagram

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi instagram yang tidak bisa memuat kabar berita, yaitu melakukan update instagram. Update itu tidak membebani ponsel, melainkan menghapus bug (masalah) yang terjadi pada sebuah aplikasi dan menambah fitur jika memang ada.

Untuk melakukan update, anda bisa buka Play Store lalu » tab ikon di kanan atas » pilih Aplikasi & Game Saya » Cari aplikasi Instagram dan lakukan update.

7. Instal Ulang Aplikasi

Instal Ulang Aplikasi

Jika anda tidak menerima pembaharuan (update) aplikasi, maka satu-satunya cara yang bisa anda gunakan adalah dengan hapus dan instal ulang aplikasi. Dengan anda instal ulang aplikasi, maka secara otomatis, aplikasi Instagram yang anda gunakan adalah yang terbaru.

Untuk copot aplikasi, Silakan tekan lama aplikasi sampai muncul tanda silang dan taruh aplikasi ke tanda silang.

8. Reboot Ponsel

Reboot Ponsel

Baiklah kawan, kalau masalah anda masih belum selesai, mari kita gunakan cara berikutnya. Cobalah untuk melakukan reboot android. cara ini bisa menyelesaikan masalah dengan cukup cepat. Hanya saja cara ini tidak menghapus akar persoalanya.

Cara reboot cukup dengan: Tekan tombol On/off pilih reboot.

9. Bersihkan History dan Cache Android

Bersihkan History dan Cache Android

Berikutnya, anda juga bisa lakukan clear history dan cache android. Untuk cara ini, anda bisa gunakan aplikasi pembersih. Salah satu aplikasi pembersih terbaik yang saya gunakan adalah CCleaner. 

Di bawah ini adalah cara menghapus history dan cache instagram di android melalui Ccleaner:

  1. Pertama-tama kita Buka Aplikasi CCleaner di Hp Android kita
  2. Setelah Aplikasi terbuka maka kita akan menemukan layar Kosong dengan 2 Tombol Pilihan yaitu Tombol Analyze dan Tombol Clean.
  3. Lalu kita Klik Tombol Analyze untuk menganalisa dan melakukan pemindaian file sampah apa saja yang terdapat pada perangkat smartphone kita
  4. Setelah Proses Analyze selesai. Maka munculah informasi tentang beberapa tipe sampah apa saja yang terdapat pada smartphone android kita seperti sampah cache, cookies, history dan lainnya
  5. Bila kita ingin menghapus semua jenis sampah pada perangkat Hp Android kita maka kita bisa Bisa Mencentang semua kotak
  6. Kemudian kita Klik Tombol Clean untuk memulai pembersihan sampah di Hp Android kita
  7. Proses Penghapusan sampah sistem pun berjalan hingga selesai
  8. Selesai. Kini sampah di smartphone android kita telah terhapus dan smartphone kita performanya jadi lebih cepat saat menjalankan aplikasi

Nah itulah beberapa solusi cara yang bisa anda gunakan jika anda menemukan Instagram tidak bisa memuat ulang kabar beranda. Semoga dapat membantu kendala masalah pada aplikasi instagram yang anda temukan.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…