Kenapa Instagram Keluar Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Apa penyebab kenapa instagram tiba-tiba force close? Sedang mencari solusi? simak Kenapa Instagram Keluar Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Atasinya!

Kenapa Instagram Keluar Sendiri - Instagram adalah salah satu sosial media populer yang identik dengan foto dan video pendek. Instagram menjadi sosial media yang simple dan mudah dalam berbagi foto dan video. Menariknya lagi, banyak tokoh-tokoh ternama, artis, pejabat, dan pebisnis online yang juga menggunakan Instagram.

Dengan banyaknya pengguna yang mencapai ribuan bahkan jutaan user di seluruh dunia tentunya beberapa pengguna terkadang ada juga yang mengalami masalah seperti, terkadang instagram keluar sendiri atau force close, tidak bisa login, gagal memutar video, tidakbisa upload foto dan video, serta muncul pesan error seperti “Unfortunately, Instagram has stopped”, “Instagram telah berhenti”, “Instagram tidak menanggapi”,dan lain sebagainya.  

Salah satu hal yang paling sering terjadi pada pengguna Instagram yakni instagram sering keluar senidiri, tidak bisa membuka aplikasi Instagram dan tidak bisa memutar video Instagram. Masalah-masalah tersebut bisa terjadi pada semua perangkat Android. 

Penyebab kenapa aplikasi instagram sering keluar sendiri

Penyebab Instagram yang keluar sendiri dan lemot umumnya disebabkan oleh berbagai jenis masalah. Dan tidak bertutup kemungkinan hal ini terjadi dikarenakan server instagram sedang down atau maintenance

Berikut ini penyebab kenapa akun instagram tiba-tiba keluar sendiri / force close:

  1. Server instagram sedang down.
  2. Jaringan internet melambat atau tidak stabil.
  3. Instagram masih menggunakan aplikasi lama, dan tidak pernah mendapatkan pembaharuan atau update.
  4. Cache & cookie instagram bermasalah.
  5. Memori internal yang penuh.
  6. File cache aplikasi instagram menumpuk.
  7. Memori RAM penuh, serta banyaknya aplikasi berjalan di belakang layar.

Apabila penyebabnya sudah Anda ketahui mengapa aplikasi instagram sering tiba tiba keluar sendiri, maka selanjutnya ke cara mengatasinya. Silakan langsung saja ikuti panduan berikut ini:

Cara mengatasi instagram keluar sendiri di HP android

Cara mengatasi instagram keluar sendiri di HP android

Mengenai masalah Instagram yang sering keluar sendiri, force close dan muncul pesan error “Sayangnya, Instagram telah berhenti”, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Metode yang saya berikan mungkin tidak bisa menjamin 100% bisa berhasil, tapi setidaknya Anda coba terlebih dahulu. Semoga membantu.

1. Restart HP Anda

Restart HP Anda

Pertama, untuk dapat mengatasi kenapa instagram keluar sendiri adalah cobalah untuk restart HP Anda. Kemungkinan dengan menggunakan metode ini, masalah Instagram terselesaikan dan dapat digunakan lagi. 

Ini sangat memungkinkan aplikasi normal kembali, ketika penyebab terjadinya instagram kerap force close dikarenakan memori RAM yang penuh atau karena lag pada aplikasi itu sendiri. Coba dan lihatlah hasilnya. Jika pun masih bermasalah, silakan coba metode berikutnya.

Baca juga: Begini Cara Mengganti Email Instagram di HP Android Terbaru

2. Cek konektivitas jaringan

Cek konektivitas jaringan

Pastikan kondisi jaringan internet baik menggunakan wifi maupun data seluler pada ponsel Anda sangat memadai atau maksimal pada saat melakukan segala aktivitas online, baik untuk media sosial lain ataupun untuk membuka YouTube. 

Jika semuanya lancar, maka fokus masalah ada pada Instagram, mungkin karena penumpukan cache, cookieshistory, dan lain sebagainya. Namun jika masalah ada pada jaringan, maka Anda juga perlu melihat paket internet Anda. Coba gunakan fitur mode pesawat terbang untuk mencari jaringan baru.

3. Update Instagram ke versi terbaru

Update Instagram ke versi terbaru

Apabila metode di atas masih terjadi masalah instagram keluar sendiri, maka cobalah perbarui aplikasi instagram. Update Instagram merupakan solusi yang tetap terbaik sekaligus menguntungkan. 

Dengan meng-update Instagram ke versi terbaru akan membuat bugs / kerusakan bisa hilang. Terlebih dengan update ke versi terbaru, tampilan dan fitur Instagram pasti akan lebih berbeda.

  • Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  • Selesai.

Baca juga: 100% Work Cara Membuka Instagram Private User

4. Hapus cache aplikasi Instagram

Hapus cache aplikasi Instagram

Cache pada aplikasi yang terlalu menumpuk dalam menyebabkan performa smartphone Android jadi menurun. Lebih tepatnya akan membuat Android serasa berat, lemot, sering lag, dan banyak aplikasi tertutup secara tiba-tiba. Hal ini terjadi tidak hanya pada Instagram saja, tetapi bisa saja terjadi pada Aplikasi lain seperti WhatsApp, Facebook MessengerTwitterGooglePlay Store, dan lainnya.

Masalah file cache Android bisa Anda hapus dengan 2 cara. Cara pertama bisa tanpa aplikasi dan cara kedua bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Lebih bagus memang menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga seperti Clean Master, atau CCleaner.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Tembolok untuk menghapus cache Instagram.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

5. Hapus data aplikasi Instagram

Hapus data aplikasi Instagram

Menghentikan aplikasi Instagram secara paksa akan mengeluarkan Instagram saat masih terbuka baik di belakang layar ataupun antar muka secara langsung. Menghapus data Instagram akan menghapus data login, history, cache, dan basis data secara permanen. Cara ini lebih ampuh dibanding cara sebelumnya, tapi Anda harus ingat username / email dan password Instagram Anda agar nantinya Anda bisa login kembali.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data untuk menghapus data aplikasi Instagram.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Setelah Anda berhasil menghapus data Instagram, selanjutnya Anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram di Android Anda. Masuk dengan username dan password yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik

6. Install ulang aplikasi Instagram

Install ulang aplikasi Instagram

Jika semua cara di atas tidak berhasil, lebih baiknya Anda hapus aplikasi Anda dan install dengan aplikasi yang baru. Cara menghapus aplikasi Instagram cukup mudah, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Tap Hapus Instalasi untuk menghapus Instagram.
  • Selesai.

Setelah berhasil menghapus aplikasi Instagram, selanjutnya Anda install dengan yang baru. Anda bisa unduh langsung aplikasi Instagram melalui Google Play Store.

Untuk menghindari masalah atau kerusakan pada aplikasi seperti halnya instagram sering force close atau keluar sendiri dan masalah lainnya alangkah lebih baiknya Anda menginstall aplikasi pembersih cache Android seperti Clean master, CCleaner, dan lainnya.

 Aplikasi tersebut mampu meningkatkan performa Android supaya lebih optimal. Metode di atas dapat Anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, Huawei, dan lainnya. Apabila ada sedikit perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Itulah ulasan singkat dari kami mengenai cara mengatasi aplikasi Instagram yang terhenti dan sering keluar sendiri, Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…