Cara Membuat Linktree Di Instagram Mudah dan Cepat

Begini cara membuat linktree di instagram agar bisa menambahkan link akun, whatsapp, line, tiktok, IG ke BIO Akun instagram. Yuk simak selengkapnya..

Cara membuat linktree di instagram - Kalau Anda aktif di medsos, pasti sudah familiar dengan Linktree yang terpasang di bio Instagram. Banyak orang menggunakan Linktree agar proses membagikan link menjadi lebih praktis.

Linktree adalah situs yang menyediakan tool untuk menyematkan link. Mau tau cara membuat Linktree di bio instagram? Anda ada di artikel yang tepat! Ikuti tutorial cara buat Linktree dengan mudah berikut ini ya!

Cara Membuat Linktree Gratis di Instagram

Cara Membuat Linktree Di Instagram

Linktree adalah situs yang menawarkan layanan untuk membagikan berbagai link ke dalam sebuah page khusus. Dari Linktree, pengunjung atau audiens Anda bisa menemukan semua konten/apapun yang ingin Anda cantumkan hanya dengan mengakses satu link saja.

Linktree bisa Anda bagikan ke media sosialmu atau ditempatkan di bio akun Instagram, TikTok, WhatsApp, Line dan sebagainya. Tampilannya pun menarik dan bisa dikustomisasi sesuai keinginan.

Ternyata, cara membuat Linktree di instagram tidaklah sulit. Faktanya, cara bikin Linktree cukup mudah dan praktis. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut.

Simak penjelasannya di bawah ini untuk membantumu memahami cara membuat Linktree di Instagram secara gratis:

1. Kunjungi website Linktree

Kunjungi website Linktree

Pertama-tama, Anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakan Linktree. Kunjungi situs resmi Linktree, kemudian klik Daftar Gratis untuk Memulai. Jika Anda sudah memiliki akun Linktree, klik Masuk di sini.

2. Daftar akun Linktree

Daftar akun Linktree

Isi data Anda untuk mendaftarkan akun Linktree. Buat username, email, dan password. Jangan lupa ceklis Terms and Conditions, kemudian klik Sign Up with Email.

3. Mengisi informasi akun dan pilih plan

Mengisi informasi akun dan pilih plan

Cara membuat Linktree di instagram selanjutnya adalah mengisi informasi akun. Ketik nama lengkap dan pilih kategori bisnis Anda. Pilihan kategorinya cukup banyak, misalnya Creative, Education, Entertainment, F & B, Fashion, Technology, dan sebagainya.

Pilih yang paling sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan. Setelah selesai, klik Continue.

Berikutnya, Anda diminta memilih plan untuk akun Linktree yang sedang dibuat. Pilih plan Free untuk membuat Linktree dengan gratis. Setelah itu klik Sign up for Free.

Mengisi informasi akun dan pilih plan

Anda masih bisa mengubah plan yang berbayar jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap. Linktree menyediakan empat paket akun dengan metode penagihan bulanan atau tahunan yang bisa Anda pilih:

Version Pricing
Free Linktree gratis tanpa biaya bulanan
Stater Mulai dari Rp25.000 – Rp39.000
Pro Mulai dari Rp59.000 – Rp75.000
Premium Premium: Mulai dari Rp179.000 – Rp220.000

Anda bisa cek perbandingan harga plan Linktree untuk mengetahui fitur-fitur yang akan Anda dapatkan.

4. Verifikasi email dan login akun Linktree

Verifikasi email dan login akun Linktree

Setelah selesai membuat akun, cara menggunakan Linktree selanjutnya adalah memverifikasi email terlebih dahulu. Buka email Anda, kemudian pilih email dari Linktree. Klik Verify Email agar akunmu diaktifkan. Anda akan diberi notifikasi kalau akun Linktree sudah aktif.

5. Buka dashboard Linktree

Buka dashboard Linktree

Setelah melakukan verifikasi email, Anda akan diarahkan ke dashboard akun Linktree. Terdapat lima menu pada dashboard, di antaranya:

  • Links: Untuk membuat link baru.
  • Appearance: Pengaturan tampilan Linktree, seperti memilih tema dan profile.
  • Settings: Pengaturan untuk integrasi email, commercial, social icons, banner, affiliate program, dan sebagainya.
  • Analytics: Fitur Linktree untuk menganalisa data yang didapat dari klik.
  • Upgrade: Untuk mengupgrade ke akun Pro.

6. Membuat link baru

Sekarang Anda bisa mulai membuat link di Linktree untuk dipasang di Instagram. Cara membuatnya, klik menu Links kemudian pilih Add New Link. 

Membuat link baru

Isi nama judul yang akan muncul di Linktree pada kolom Title. Kemudian tambahkan link yang tertera di kolom URL. Misalnya Anda ingin menambahkan link ke website toko online-mu dan channel pembelian lainnya, seperti beberapa marketplace dan juga WhatsApp.

Membuat link baru

Ulangi cara yang sama untuk menambahkan link baru. Klik Add New Link, kemudian lengkapi kolom yang tertera.

Membuat link baru

Anda bisa melihat preview tampilan Linktree di sisi kanannya. Untuk mengganti urutan penempatan link, Anda tinggal drag & drop pada card link yang ingin diubah.

7. Bagikan Linktree

Bagikan Linktree

Setelah selesai membuat link, Anda bisa membagikan Linktree ke profile social media, WhatsApp, Email, atau melalui QR code yang mengarah ke Linktree. Caranya, klik opsi Share di sisi kanan atas preview kemudian pilih metode share yang Anda inginkan.

Ada empat opsi share yang bisa Anda pilih:

  • Add Linktree to your socials. Membagikan URL Linktree secara langsung ke media sosial Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, Twitter, dan lain-lain.
  • Share My Linktree to.. Untuk membagikan Linktree ke seluruh koneksimu di media sosial.
  • My Linktree QR code. Jika Anda ingin membagikannya dengan QR code, klik opsikemudian pilih jenis file PNG atau SVG untuk di-download.
  • Copy untuk menyalin URL Linktree dan membagikannya secara manual.

Jika memilih metode Copy URL, Anda tinggal Paste link pada kolom website di halaman Edit Profile akun Instagram-mu.

Selesai! Sekarang pengunjung bisa dengan mudah terhubung dengan website, toko online, atau blog yang Anda tujukan.

Manfaatkan Linktree untuk Bisnis Onlinemu

Bagaimana, mudah ‘kan cara membuat Linktree di IG? Selain praktis, Anda bisa menggunakan fitur ini secara gratis untuk segala keperluan. Bagi Anda yang punya bisnis online, Linktree akan sangat membantu memudahkan pelangganmu terhubung dengan toko online-mu.

Selain Linktree untuk menautkan link toko, bisnis Anda pastinya harus punya website toko online sendiri.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…